Tidak Lolos Pendaftaran? Ini Penyebab Gagal Lolos Program Prakerja

Penyebab Gagal Lolos Program Kartu Prakerja
Kartu Prakerja. (Dok. Istimewa)

Program pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 70 telah ditutup dan sudah diumumkan. Tak sedikit pendaftar yang mengaku tidak lolos pada pendaftaran gelombang kali ini.

Program Kartu Prakerja yang diluncurkan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja serta mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Meskipun program ini menawarkan manfaat signifikan, banyak calon peserta yang masih mengalami kegagalan dalam pendaftaran. Lalu apa yang penyebab tidak lolos program Kartu Prakerja ini?

Penyebab Tidak Lolos Program Prakerja

1. Kesalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Kesalahan pada data kependudukan, terutama NIK bisa menjadi salah satu alasan kegagalan. Verifikasi sistem bergantung pada data dari Kementerian Dalam Negeri, sehingga kesalahan atau ketidaksesuaian data dapat menyebabkan pendaftaran ditolak.

2. Pendaftar Melebihi Kuota

Jumlah pendaftar sering kali melebihi kuota yang tersedia pada setiap gelombang. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat dan mengurangi peluang lolos bagi setiap pendaftar.

3. Tidak Memenuhi Syarat

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020, beberapa golongan tidak memenuhi syarat untuk mendaftar. Golongan ini termasuk pejabat negara, anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa, serta direksi dan dewan pengawas BUMN atau BUMD.

4. Penerima Bantuan Sosial (Bansos)

Pendaftar yang sudah menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial atau bantuan upah gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan tidak akan lolos program Prakerja. Verifikasi data penerima bansos dilakukan secara otomatis oleh sistem.

5. Batas Jumlah Anggota Keluarga

Dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal dua anggota yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja. Sebelum mendaftar, pendaftar perlu memastikan jumlah anggota keluarga yang mendaftar tidak melebihi batas ini.

6. Pernah Lolos Prakerja Gelombang Sebelumnya

Program Prakerja hanya bisa diikuti sekali seumur hidup. Peserta yang sudah pernah lolos dan menjadi peserta Kartu Prakerja pada gelombang sebelumnya tidak dapat mendaftar kembali pada gelombang terbaru.

7. Status Dicabut atau Diblacklist

Peserta yang lolos seleksi tetapi tidak segera membeli pelatihan akan dicabut status kepesertaannya dan masuk dalam daftar hitam (blacklist). Mereka yang telah di-blacklist tidak bisa mendaftar kembali untuk program Prakerja di masa mendatang.

Meski tidak lolos dalam program Kartu Prakerja gelombang ini, Anda masih bisa mendaftar lagi pada gelombang berikutnya. Namun, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan agar peluang lolos program Kartu Prakerja menjadi lebih besar.