Syarat dan Cara Membuat NPWP secara Online Tanpa ke Kantor Pajak

Cara Membuat NPWP Online
Kartu NPWP. (Dok. Istimewa)

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang memiliki kewajiban membayar pajak.

NPWP digunakan untuk keperluan administrasi perpajakan serta sebagai identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

Kini, pembuatan NPWP dapat dilakukan secara online melalui laman ereg.pajak.go.id tanpa perlu mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Syarat Pembuatan NPWP

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online, ada beberapa dokumen dan informasi yang perlu disiapkan. Adapun syarat yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Fotokopi e-KTP dan Kartu Keluarga bagi Warga Negara Indonesia.
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia.
  • Surat Keterangan Bekerja bagi yang sedang bekerja.
  • Fotokopi NPWP Suami, Kartu Keluarga, dan surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta bagi wanita yang telah menikah.

Cara Membuat NPWP Online di ereg.pajak.go.id

Setelah seluruh persyaratan sudah dipersiapkan, langkah berikutnya adalah melakukan pembuatan NPWP secara online. Berikut adalah tata cara pembuatan NPWP online:

  1. Buka browser dan kunjungi laman resmi Direktorat Jenderal Pajak di www.ereg.pajak.go.id.
  2. Klik “Daftar Akun” dan masukkan email aktif serta kode captcha yang tertera. Tekan tombol “Daftar” untuk melanjutkan.
  3. Cek email, disana Anda akan menerima email berisi link verifikasi. Klik link tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
  4. Setelah akun terverifikasi, login menggunakan email dan password yang telah dibuat. Pilih jenis wajib pajak (orang pribadi) dan isi data identitas seperti nama, nomor HP, dan alamat email. Tekan “Daftar” untuk melanjutkan.
  5. Isi semua data wajib pajak yang diminta, seperti alamat tempat tinggal dan jenis pekerjaan. Jika Anda memiliki penghasilan usaha dengan nilai bruto kurang dari Rp 4,8 miliar per tahun, Anda dapat memilih tarif sendiri.
  6. Centang kotak pernyataan yang tersedia untuk menyetujui data yang telah diisi.
  7. Tekan tombol “Minta Token” dan isi captcha yang tertera. Kode token akan dikirimkan ke email Anda.
  8. Buka email Anda, salin kode token yang telah diterima, dan tempelkan kode tersebut di laman www.ereg.pajak.go.id.
  9. Tekan tombol “Kirim Permohonan” untuk mengajukan pendaftaran NPWP Anda.

Setelah permohonan diajukan, NPWP Anda akan diproses dan dikirimkan ke alamat yang terdaftar. Kartu NPWP biasanya akan dikirimkan melalui layanan Pos.

Jika NPWP sudah berhasil dibuat, Anda mulai bisa membuat EFIN dan melaporkan SPT Tahunan melalui laman djponline.pajak.go.id. Semoga bermanfaat!