Cara Membuat IKD atau KTP Digital secara Online di HP

Cara Membuat IKD atau KTP Digital
e-KTP dan KTP Digital. (Dok. GerakInklusi.id)

Kemendagri telah memutuskan untuk tidak lagi menambah persediaan blangko e-KTP. Sebagai gantinya, masyarakat akan menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD), atau yang lebih dikenal sebagai KTP Digital.

Penggunaan KTP Digital diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan data kependudukan, sehingga masyarakat tak perlu lagi membawa KTP fisik.

Adapun proses pembuatan IKD atau KTP Digital ini terbilang cukup mudah, karena dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

Aplikasi tersebut sudah dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Namun, sebelum membuat IKD, pastikan Anda telah menyiapkan sejumlah persyaratan.

Syarat Membuat IKD

Untuk membuat IKD, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Persyaratan yang perlu Anda siapkan ketika membuat IKD diantaranya:

  • Ponsel dengan akses internet: Pastikan ponsel Anda terhubung ke internet untuk mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK): NIK akan digunakan saat pendaftaran dalam aplikasi.
  • Alamat email aktif: Email aktif dibutuhkan untuk menerima kode aktivasi dan notifikasi penting lainnya.
  • Nomor ponsel aktif: Nomor ponsel diperlukan untuk verifikasi dan menerima kode OTP.

Cara Membuat IKD atau KTP Digital di HP

Proses membuat IKD atau KTP Digital sangatlah mudah dan dapat dilakukan melalui HP. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat KTP Digital secara online melalui HP:

  1. Cari aplikasi “Identitas Kependudukan Digital” di Play Store atau App Store dan unduh ke ponsel Anda.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut.
  3. Masukkan NIK, email, dan nomor ponsel pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol “Verifikasi Data”.
  4. Pilih opsi “Ambil Foto” untuk melakukan verifikasi wajah menggunakan fitur Face Recognition.
  5. Setelah verifikasi wajah berhasil, lakukan pemindaian QR Code yang bisa didapatkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.
  6. Buka email Anda dan cari pesan yang berisi kode aktivasi dari aplikasi Identitas Kependudukan Digital.
  7. Kembali ke aplikasi Identitas Kependudukan Digital, masukkan kode aktivasi yang diterima dan captcha yang tersedia untuk menyelesaikan proses aktivasi.

Setelah semua langkah selesai, IKD Anda sudah aktif dan siap digunakan. Meski proses pembuatan IKD dapat dilakukan di HP, masyarakat masih harus melakukan aktivasi secara langsung di Dukcapil setempat.

Proses ini biasanya membutuhkan pendampingan dari petugas Dukcapil untuk memastikan semua data terverifikasi dengan benar. Jika ada kendala, Anda bisa mengunjungi kantor Dukcapil atau kecamatan terdekat sesuai domisili untuk mendapatkan bantuan.