Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi JMO

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Kartu BPJS Ketenagakerjaan. (Dok. Istimewa)

Saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dicek tanpa ke kantor BPJS. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dilakukan menggunakan aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile.

BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial dari pemerintah Indonesia yang memberikan perlindungan bagi pekerja dari risiko sosial ekonomi.

Salah satu program utamanya adalah Jaminan Hari Tua (JHT), program ini memberikan manfaat berupa uang tunai yang diakumulasi dari iuran dan hasil pengembangan sebagai jaminan hidup di hari tua.

Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sangat penting. Terutama bagi mereka yang aktif bekerja dan memikirkan hari tua nanti.

3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah cara untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.

1. Melalui Aplikasi JMO

Aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo secara langsung dari HP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi JMO dari Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi “Buat Akun” jika belum memiliki akun. Isi data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BPJamsostek, nama lengkap, dan tanggal lahir.
  3. Jika sudah memiliki akun, langsung login menggunakan email dan password.
  4. Pilih menu “Jaminan Hari Tua” dan kemudian klik “Cek Saldo”.
  5. Sistem akan menampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan beserta rincian dan riwayat iuran.

Menggunakan aplikasi JMO sangat praktis karena selain bisa cek saldo, peserta juga memiliki kartu digital yang bisa diakses kapan saja, bahkan jika kartu fisik hilang.

2. Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui aplikasi JMO, peserta juga bisa mengecek saldo melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut caranya:

  1. Buka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Login menggunakan email dan kata sandi yang terdaftar. Jika belum memiliki akun, klik “Buat Akun” dan ikuti langkah-langkah pendaftarannya.
  3. Setelah login, pilih menu “Lihat Saldo JHT”.
  4. Informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan akan ditampilkan di layar.

Metode ini sering dipilih karena mudah diakses dari berbagai perangkat dengan koneksi internet dan tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan di HP.

3. Datang Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Apabila kedua cara di atas tidak memungkinkan, mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan langsung di kantor BPJS juga bisa menjadi opsi alternatif. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan kunjungi.
  2. Bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan dan identitas diri.
  3. Temui petugas BPJS dan mintalah bantuan untuk mengecek saldo.
  4. Petugas akan membantu Anda mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menunjukkan kartu peserta.

Meski terlihat lebih konvensional, cara ini masih banyak digunakan karena beberapa orang merasa lebih nyaman dengan bantuan langsung dari petugas.